9 Des 2011

Kisi - kisi IMK (Interaksi Manusia& Komputer)

1. Pada tahun 1983, Card, Moran dan Newell membuat Model Human Processor, terdiri dari 3 sub sistem.  Salah satu sistem sensor adalah sistem  yang menangani  aksi atau respon adalah :

A. Sistem persepsi                                       C. Sistem kognitif

B. Sistem motor                                           D. Sistem reality

2.    Maksud dari prinsip Customizability adalah  :

A.  Memungkinkan user terbebas dari kendala-kendala buatan (artificial)        

B.  Kemampuan sistem untuk mendukung interaksi user yang berhubungan dengan lebih dari satu task pada suatu saat (waktu)

C.  Memungkinkan nilai-nilai (values) ekuivalen antara input dan output yang masing-masing secara bebas dapat disubstitusi

D.  Kemampuan user interface untuk dimodifikasi oleh user atau sistem

3.    Yang termasuk dalam teknik untuk menganalisa tugas adalah :

A. Teknik berbasis pengetahuan                 C. Dekomposisi relasi

B. Analisa berbasis pengetahuan                D. Teknik berbasis objek

4.    Bahasa komputer terbagi atas tiga tingkat.  Pada tingkat manakah, bahasa komputer ekuivalen dengan arti yang berasal dari para partisipan dalam percakapan ?

A. Sintaksis                                                  C. Grammar

B. Leksikal                                                   D. Semantik

5.    Pada logika temporal terdapat beberapa simbol. Dimana kita ketahui simbol dasar dari logika temporal adalah sebagai berikut : ÿ  ¯  "  $  Ø ÿØ.   Simbol ÿØ memiliki arti :

A. Always                                                     C. Never

B. Eventually                                                D. For All

6.    Pada tahap evaluasi sebuah rancangan terdapat suatu pendekatan yang dikemukakan oleh Polson, yang berupa usaha untuk mengenalkan teori psikologi kedalam bentuk informal dan subyektif atau dengan kata lain mempunyai tujuan untuk mengevaluasi perancangan dengan melihat seberapa besar dukungan yang diberikan ke pengguna untuk mempelajari beberapa tugas yang diberikan. Bentuk evaluasi ini adalah :

A. Brainstorming                                          C. Heuristics evaluation

B. Cognitive walktrough                               D. Storyboarding

7.    Berdasarkan pendapat bahwa masing-masing user memiliki perbedaan kebutuhan yang berbeda, maka dibutuhkan user support.  Jenis bantuan yang khusus ditujukan kepada  user baru yang menyediakan perintah secara step by step adalah :

A. Full explanation                                       C. Tutorial

B. Quick reference                                      D. Task-specific help

8.    Groupware dapat diklasifikasi dalam beberapa cara, salah satunya adalah dimana dan kapan seseorang peserta mengikuti kerja kelompok.  Electronic mail merupakan salah satu cara berdialog yang termasuk dalam klasifikasi :

A. Tempat yang sama, berbeda waktu

B. Tempat yang sama, waktu yang sama

C. Tempat yang berbeda, waktu yang berbeda 

D. Tempat yang berbeda, waktu yang sama

9.    Dari ke-5 jenis sensory input ( visual, hearing, sound, taste, smell), sensor yang paling berperan adalah :

A. Smell                                                       C. Visual

B. Hearing                                                    D. Sound

10.  Pendekatan yang memberikan cara untuk menganalisa tugas dengan melihat apa yang harus diketahui oleh user tentang objek dan aksi yang terlibat dalam tugas dan bagaimana pengetahuan itu diorganisasikan adalah :

A. Analisa berbasis entitas-relasi                 C. Dekomposisi tugas

B. Teknik berbasis pengetahuan                 D. Hierarchical task analysis

11.  Dalam berbagai disiplin ilmu, model sering digunakan dalam proses desain. model yang sering digunakan adalah yang bersifat generative, yang artinya :

A. Model yang mengevaluasi desain yang ada

B. Model yang memiliki struktur goal formulasi goal dan tugas

C. Model yang memiliki kontribusi pada proses desain

D. Model yang memiliki representasi tugas pengguna

12.  Flowchart adalah Notasi diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog.   Simbol multidocument  pada flowchart diwakili oleh :

A.                                                               C.   

B.                                                               D.                                                   

13.  Metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara non-linear atau random disebut :

A. Chipertext                                                C. Plaintext

B. Hypertext                                                 D. Stenotext

14.  Prinsip yang mendukung kemudahan sehingga memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal, adalah :

A. Learnability                                              C. Robustness

B. Flexibility                                                  D. Jawaban A, B dan C  BENAR

15.  Kemampuan sistem untuk mendukung interaksi user yang berhubungan dengan lebih dari satu task pada suatu saat (waktu), disebut :

A. Task migratability                                    C. Multi treading     

B. Customizability                                        D. Substituvity

16.  Perubahan pada bunyi dan kualitas phonem yang digunakan untuk menyampaikan banyak arti dan nuansa emosi pada suatu kalimat, disebut :

A. Grammar                                                 C. Co-articulation

B. Prosody                                                   D. Allophone

17.  Dalam komunikasi face-to-face, setiap orang cenderung mempertahankan jarak tertentu dengan lawan bicaranya.  Tidak hanya menggunakan proses berbicara dan pendengaran, tapi juga menggunakan bahasa tubuh dan tatapan mata.   Respon dari pendengar berupa gerakan tubuh disebut :

A. Personal space                                        C. Video-links

B. Back channel                                          D. Turn taking

18.  Dalam groupware yang asynchronous, bentuk komunikasi langsung yang dominan adalah berbasis teks.  Terdapat  4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware, kecuali :

A. Discrete                                                   C. Spatial

B. Non-linear                                                D. Qualitatif

19.  Pendekatan prototyping dengan metode throw away, langkah pertama yang harus dilakukan adalah :

A. Mendesain prototipe                                C. Mengevaluasi prototipe

B. Membangun prototipe                             D. Mempelajari kebutuhan prototipe 

20.  Metode  prototyping, dimana prototipenya tidak dibuang, melainkan digunakan sebagai dasar untuk iterasi perancangan selanjutnya. Metode ini dikenal dengan istilah :

A. Storyboard                                               C. Throw away

B. Evolutionary                                            D.  Incremental

21.  Contoh teknologi yang dipakai oleh pengguna pada tempat sama dan waktu berbeda adalah :

A. Konferensi tradisional                              C. Email

B. Tele-conference                                      D. Komputer yang dipakai bersama

22.  Contoh teknologi yang dipakai oleh pengguna pada tempat berbeda dan waktu berbeda adalah :

A. Konferensi tradisional                              C. Email

B. Tele-conference                                      D. Komputer yang dipakai bersama

23.  CSCW dapat juga diklasifikasikan berdasarkan waktu dan arah komunikasi (satu-satu, satu-banyak atau banyak-banyak). Berita TV termasuk pada komunikasi dengan arah :

A. Satu-satu                                                 C. Banyak-banyak

B. Satu-banyak                                            D. Banyak-satu

24.  Hubungan telepon termasuk pada komunikasi dengan arah :

A. Satu-satu                                                 C. Banyak-banyak

B. Satu-banyak                                            D. Banyak-satu

25.  Tele-conference termasuk pada komunikasi dengan arah :

A. Satu-satu                                                 C. Banyak-banyak

B. Satu-banyak                                            D. Banyak-satu

26.  Dokumen yang dikirim dengan CSCW dapat berupa :

A. Teks                                                         C. Gambar

B. Suara                                                       D. Jawaban A, B dan C BENAR

27.  Komunikasi manusia dan komputer dapat terjadi secara :

A. Langsung (Interaktif)                               C. Jawaban A dan B BENAR

B. Tidak langsung (batch)                            D. Jawaban A dan B SALAH

28.  Memori yang dimiliki manusia mencakup :

A. Memori sensor                                        C. Short time memory

B. Long time memory                                  D. Jawaban A, B dan C BENAR

29.  Yang dimaksud dengan memori kerja adalah :

A. Memori sensor                                        C. Short time memory

B. Long time memory                                  D. Jawaban A, B dan C BENAR

30.  Interaksi manusia dan komputer terjadi melalui :

A. Input                                                         C. Jawaban A dan B BENAR

B. Output                                                      D. Jawaban A dan B SALAH

31.  Help dan dokumentasi tetap diperlukan karena :

A. Kemampuan user berbeda                     C. Jawaban A dan B BENAR

B. Tidak ada aplikasi yang sempurna         D. Jawaban A dan B SALAH

32.  Sistem penjendelaan pada umumnya menempatkan Multiple Process Manager pada :

A. Setiap aplikasi                                         C. Sebuah komponen tersendiri

B. Pada sistem operasi                                D. Jawaban A, B dan C SALAH

33.  Jika seorang user hendak belajar sebuah aplikasi secara step-by-step maka yang diperlukan adalah :

A. Quick reference                                      C. Tutorial

B. Task specific help                                   D. Jawaban A, B dan C SALAH

34.  Sebuah user support  harus memiliki karakteristik berikut :

A.    Available                                             C.   Consistence

B.    Accurate                                             D.   Jawaban A,B dan C BENAR

35.  User support harus tahan terhadap kecerobohan pengguna. Sifat ini disebut :

A.    Robustness                                         C.   Accurate

B.    Fleksibel                                              D.   Jawaban A,B dan C SALAH

36.  Antarmuka atau tampilan sebuah perangkat lunak harus memiliki sifat :

A.    WYSIWYG                                          C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    Ramah terhadap pengguna                D.   Jawaban A dan B SALAH

37.  WYSIWYG adalah sifat yang menunjuk :

A.    Kesamaan antara tampilan di screen dengan hasil cetak

B.    Kesamaan antara print preview dengan hasil cetak

C.   Jawaban A dan B BENAR

D.   Jawaban A dan B SALAH

38.  Ramah terhadap pengguna dapat dilihat dari :

A.    Kemudahan penggunaan perangkat lunak

B.    Ketersediaan perintah HELP

C.   Ketersediaan umpan balik dari setiap perintah yang diberikan

D.   Jawaban A,B dan C BENAR

39.  Dialog manusia dan komputer terjadi melalui mekanisme :

A.    Masukkan                                           C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    Keluaran                                              D.   Jawaban A dan B SALAH

40.  Yang termasuk peranti penuding adalah :

A.    Mouse                                                 C.   Monitor

B.    Key board                                           D.   Jawaban A,B dan C SALAH

41.  Key board yang paling banyak digunakan adalah yang memiliki tata letak :

A.    Dvorak                                                            C.   Alphabetik

B.    QWERTY                                            D.   Klockenberg

42.  Di bawah ini yang bukan kecakapan komputer adalah :

A.    Kalkulasi akurat                                  C.   Adaptasi

B.    Konsistensi                                          D.   Multitasking

43.  Di bawah ini yang bukan kecakapan manusia adalah :

A.    Estimasi                                              C.   Pengolahan rutin

B.    Kreatif                                                 D.   Intuisi

44.  Pengolahan pengecualian adalah kecakapan :

A.    Manusia                                              C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    Komputer                                            D.   Jawaban A dan B SALAH

45.  Kelemahan dialog berbasis perintah tunggal adalah :

A.    Perlu pelatihan yang lama untuk pengguna

B.    Beban ingatan tinggi

C.   Jawaban A dan B BENAR

D.   Jawaban A dan B SALAH

46.  Contoh dialog berbasis perintah tunggal adalah

A.    UNIX                                                   C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    DOS                                                    D.   Jawaban A dan B SALAH

47.  Sebuah dialog menampilkan semua perintah / pilihan secara lengkap pada screen. Dialog ini disebut :

A.    Antarmuka berbasis bahasa alami     C.   Dialog berbasis perintah tunggal

B.    Menu datar                                          D.   Dialog berbasis bahasa pemrograman

48.  Menu datar dengan selektor huruf kompatibel memiliki keuntungan :

A.    Perubahan urutan tidak merobah selektor

B.    Kalau ada dua atau lebih pilihan dengan huruf awal yang sama

C.   Jawaban A dan B BENAR

D.   Jawaban A dan B SALAH

49.  Istilah pull-down menu berasal dari cara menentukan pilihan, yaitu :

A.    Pilihan utama diklik untuk memunculkan sub pilihan. Gerakan kursor pada sub pilihan seperti menarik ke bawah

B.    Pilihan yang ada diklik dan menghilang

C.   Jawaban A dan B BENAR

D.   Jawaban A dan B SALAH

50.  Ikon digunakan untuk :

A.    Mempercepat pilihan

B.    Menggantikan fungsi Mouse dengan papan ketik

C.   Jawaban A dan B BENAR

D.   Jawaban A dan B SALAH

51.  Di bawah ini merupakan keuntungan sistem menu, kecuali :

A.    Memerlukan sedikit pengetikkan        C.   Butuh ruang layar

B.    Beban memori rendah                        D.   Perancangan mudah

52.  Dialog berbasis ikon memiliki keuntungan :

A.    Mudah memahami perintahnya         C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    Perintahnya mudah diingat                 D.   Jawaban A dan B SALAH

53.  Perancangan antarmuka dan program aplikasi seharusnya dipisah karena :

A.    Perubahan antarmuka tidak merubah program aplikasi

B.    Analisa instruksi dialog jadi mudah

C.   Jawaban A dan B BENAR

D.   Jawaban A dan B SALAH

54.  Yang termasuk general purpose software adalah :

A.    Program inventori gudang                  C.   Sistem Reservasi Hotel

B.    Sistem Informasi Akademik               D.   Microsoft Word

55.  Yang termasuk special purpose software adalah :

A.        Microsoft Word                                C.   Oracle

B.        Microsoft Windows                          D.   Sistem reservasi tiket

56.  Pada special purpose software dapat dilakukan pendekatan :

A.    User-centered design approach         C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    User design approach                         D.   Jawaban A dan B SALAH

57.  Public Software disebut juga :

A.    Special purpose software                   C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    General purpose software                  D.   Jawaban A dan B SALAH

58.  Pada Microsoft Excel, pengguna dapat membuka dua sheet sekaligus. Kedua sheet tersebut menggunakan sistem penjendelaan :

A.    Time-multiplexed Windows                C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    Space-multiplexed Windows              D.   Jawaban A dan SALAH

59.  Pada Microsoft Windows, pengguna dapat menampilkan beberapa window (jendela) sekaligus. Sistem penjedelaan yang dipakai adalah :

A.    Time-multiplexed Windows                C.   Jawaban A dan B BENAR

B.    Space-multiplexed Windows              D.   Jawaban A dan B SALAH

60.  Komponen yang lebih tepat digunakan untuk ruang layar (monitor) yang terbatas adalah :

A.    List box                                                C.   Radio button

B.    Combo box                                         D.   Check box

Tidak ada komentar:

Posting Komentar